Prosedur Yudisium dan Wisuda Prodi Ilmu Komputer UGM

Bismillah

Biar ndak lupa, ditulis aja lah nih.. (baca: diingat-ingat atau di bookmark page, atau di copy-paste sekalian tulisan ini. red)
0. Setelah ujian pendadaran (gimana, biasa2 aja kan?), biasanya Anda harus revisi. Jarang ada yang lulus tanpa revisi, mungkin biar dosen pengujinya nggak terlihat dosen kacangan kali ya? Nah, cepet ituh dikerjain.. Jangan pesta pora dulu, Bung. Perdjoeangan kita masih panjang..

1. Setelah revisi, dapet 3 tanda tangan, 1 dosen pembimbing dan 2 dosen penguji. Order doesn’t matter, yang penting dapet semuanya. Lapor ke prodi, biar nilainya keluar. Kalo gak A ya B.. Gak mungkin C, santai ajah..

2. Setelah dapet berita acara ujian tugas akhir dari prodi, segera ke Mipa Utara, minta transkrip yudisium, gratis. Biasanya sehari jadi. Di situ ada berkas pendaftaran yudisium, sama transkrip ( yang beda dengan transkrip biasa, coz di situ ada tempat untuk tanda tangan dosen wali)

3. Di berkas pendaftaran yudisium, ada 11 item yang harus dikumpulkan, cuma untuk ilmu komputer, cuma perlu 9
a. berkas pendaftaran yudisium. Perlu ditandatangani dosen wali.
b. SBPP (lupa kepanjangannya, kalo ga salah surat bebas pinjam pustaka, minta dari UPT, bayar 15000, syaratnya cuma nunjukkin KTM, 10 menit jadi)
c. Surat Bebas Pinjam yang dari Perpus MIPA (lupa namanya apa, bayar 3000 plus syarat KTM, dan harus sudah selesai pendadaran). 10 menit jadi.
d. nilai tugas akhir (udah dapet dari prodi kan?)
e. surat bebas pinjam alat. Minta ke gedung pusat, lantai pertama, bagian utara, pintu pertama dari tengah balairung ke utara, biro kemahasiswaan dan alumni, syaratnya cuma nunjukkin KTM.
f. Transkrip nilai (dibendel sama berkas pendaftaran yudisium) (sudah ditandatangani oleh Dosen Wali)
g. surat penyerahan skripsi ke Perpus MIPA. Ini yang agak ribet. Untuk dapetin surat ini, ente harus: jilid hardcover skripsi (warna ditentukan perpus), ringkasan (softcover), sama file skripsi dalam bentuk PDF dalem CD.
h. KHS semua semester, minta ke MIpa Utara, biayanya seceng (seribu) per semester. Empat taon? Yah, dikali delapan ajah…
i. Copy Bukti pembayaran BOP/SKS semester terakhir.

4. Setelah semua syarat lengkap, ke Mipa Utara, cari Pak Anton. Kalo malu nanya, cari ajah yang duduknya di depan Pak Joko. Gak tau sama Pak Joko? Anda ini udah berapa lama to Mas di UGM? Ya udah, cari aja yang megang pulpen pake tangan kiri, monitor komputernya HP 5500. Serahin semuanya ke beliau. Biasanya dicek jumlah sksnya, apa saja mata kuliah yang dihapus, dsb.

5. Anda sudah siap untuk yudisium. Setelah itu, kita mesti bayar pendaftaran wisuda. Silakan lihat pengumuman lebih lanjut di papan pengumuman. Biasanya berisi :
– uang yang harus dibayarkan.
– kapan wisuda untuk S1/D3
– Kapan mesti ambil toga, dll yang remeh temeh
Syaratnya biasanya standar: fotocopy ijazah terakhir sama bayar (untuk februari tahun 2009 ini, biayanya sapekceng alias 300rebu)

6. Sisanya ngikutin aja apa kata Fakultas. Selamat jadi orang bloon di Grha Sabha Pramana.. 😀

F A Q :
Saya belum dapet 3 tanda tangan dosen, gimana dong?
Minta surat sakti dari ketua prodi, isinya memo yang membolehkan mahasiswa mendaftar yudisium walau syarat belum lengkap. Kemukakan alasan Anda, misal “dosen pembimbing saya tiba2 harus terbang ke seminar di Zimbabwe, lebaran tahun depan baru pulang..”

bukti pembayaran BOP/SKS saya hilang
Minta dari pengajaran, biasanya sih gratis. Ntar diprintkan yang baru

Ngejilid skripsi kan baru bisa selesai 3 hari lagi? Terus gimana dong?
Gampang. Ke Perpus, bilang minta suratnya dulu, terus tinggalin SIM ato STNK (ga boleh KTM or KTP, ga pake..), dan kasih tahu kapan jilidannya jadi. Kalo mau kilat juga bisa sebenernya, harganya kisaran 13-18rebu, sehari jadi.

Kok urusan remeh ajah mbayar?
Selamat Datang di Indonesia, Juragan…

Kapan biasanya batas akhir peneyerahan berkas yudisium?
Tergantung, kalo normalnya sih, 3 minggu sbelum wisuda. Wisuda di UGM kan biasanya selalu ngambil tanggal 19 dan sekitarnya, jadi mungkin di akhir bulan sebelumnya harus sudah beres semua.

Dari hari ujian tugas akhir sampai batas akhir penyerahan berkas untuk yudisium, saya hanya punya waktu seminggu, emang cukup?
Cukup. Lakukan apa yang bisa dilakukan hari ini:sediain foto, nyari Ijazah, cari syarat yudisium yang gak ada dependensinya, dll. Di sinilah Anda akan belajar betapa berharganya waktu. *omongan Bapak2…*

Waktu pendadaran, saya dibantai habis2an, akibatnya revisi saya seakan-akan mengharuskan saya membuat ulang skripsi. Bagaimana seharusnya?
Cengeng sekalee.. Revisi seperti yang dibilangin dosen penguji, besok langsung cari lagi beliau. Setelah dua kali dateng, gak mungkin gak dapet tanda tangan. Tapi, gak tau ya kalo situ ngarepin dapet A, berarti revisi kudu bagus2..

Bang, bang, ngapain nulis yang beginian?
Gak bisa tidur, Neng…

*tentang si abang penulis*

P. Mulia, seorang kolumnis terkenal di desanya (atau seorang kolumnis di desa yang terkenal? .red),  sering menulis untuk halaman pribadinya, tulisan-tulisannya mengalir deras tanpa peduli dilirik banyak orang atau tidak. Telah mendahului teman-temannya (baca: lulus .red), kemudian pulang ke rimba Borneo untuk mengabdiken ilmu yang didapat, mengasah pribadi, dan kemudian, entah masih atau tidak, mengukir cinta.

Advertisements

17 Responses to “Prosedur Yudisium dan Wisuda Prodi Ilmu Komputer UGM”


  1. 1 manusia August 16, 2009 at 11:47 pm

    Eh, gw mo tanya nih. Gw memang bukan anak ugm, tapi adik gw ktrima ugm. Nah, diya tanya ma aku, katana salah satu syarat yudisium ntu harus ikut OSPEK, bener gak?
    Gila, padahl dulu gw bilang ma dia buwat bolos ospek, soalnya dia emang penyakitan. Kalo bolos ato ijin gmana tuh, jangan2 gag bisa lulus kuliah??

  2. 2 ejak August 24, 2009 at 11:23 am

    kok saya revisi da sesuai ma yg dharepin dosen pembimbingnya cuma dapet B y?? brarti itu yg paling jelek y?? :((

    padahal da bikin programny capek2, ee ada temen yg bikinnya bisa dibilang tinggal nyontek dokumentasi sebuah perusahaan aja dapet A.. ::kejamnya UGM::

    T_T

  3. 3 penjahat cupu™ August 24, 2009 at 4:37 pm

    @Manusia:
    ini keknya ngeledek gw dehh..
    mentang2 gw gak ikut OSPEK..
    tapi gw g penyakitan lhoh.. keknya sih 😛

  4. 4 sangprabo August 25, 2009 at 11:19 am

    @ manusia
    Fakultasnya apa? Kalo dari prodi ilkom, kemungkinan tidak benar. Malahan mahasiswa di sini semuanya didorong2 buat lulus tanpa harus yudisium. 😀

    @ ejak
    Ada banyak kemungkinan karena komponen penilaian nilai tugas akhir tidak hanya dari penulisan dan fungsionalitas program.

    @ penjahat cupu
    Wah, padahal ospek asik loh. Mungkin Anda berpenyakit lemah mental sahaja.

  5. 5 Aday September 2, 2009 at 11:41 pm

    bo, yg bener gak pake yudisium??
    saya kurang 1 sks untuk lulus…bisa??

  6. 6 sangprabo September 3, 2009 at 10:49 pm

    __________________
    Dokter Bo Menjawab

    bo, yg bener gak pake yudisium??
    saya kurang 1 sks untuk lulus…bisa??
    — A, Yogyakarta

    Dik A yang baik,
    Pertanyaan Dik A bagus sekali. Untuk masalah per-sks-an, silakan Adik bertanya langsung ke Pak Anton. Untuk masalah sepele seperti itu, beliau pasti akan menolong, dengan syarat Adik tidak memakai celana pendek dan kutang saat bertanya. Demikian, semoga membantu ya, Dik?

  7. 7 sangprabo September 3, 2009 at 10:52 pm

    PS: untuk pertanyaan2 selanjutnya, penanya dikenai biaya administrasi sebesar Rp 50rebu. Terima kasih.

  8. 8 Aday September 3, 2009 at 11:09 pm

    dokter bo matre!!! :p

  9. 9 Yuniot March 25, 2010 at 7:10 pm

    Eh..aku mau ambil ijazahku tanpa pake Ritual Wisuda gimana ya?? 😛

  10. 10 sangprabo March 28, 2010 at 6:50 pm

    Dik Yuniot yang baik

    Bisa saja! Waktu saia wisuda, cukup banyak kursi kosong bagi para wisudawan/wisudawati. Mungkin, ini hanya perkiraan saja, karena mereka menganggap ritual wisuda tidak terlalu penting, alias menghabiskan biaya. Di samping itu mungkin mereka yang tidak hadir itu tidak ada pendamping baik orang tua ataupun kerabat lain.

    Nanti bila Anda tidak datang saat wisuda, ijazah akan ‘dititipkan’ di Fakultas.

    Demikian ya Dik, semoga membantu. Oia, biaya konsultasi jadi 55rebu sekarang (belum termasuk PPn 10%). Terima kasih.

  11. 11 Yuniot April 9, 2010 at 12:15 pm

    Okey, ngutang dulu ya bayarnya.hahhaha..ato mau dicicil atau dengan cara pembayaran yang lain ;)hehehhe.

    Thanks ya atas infonya, Btw, ga ikut wisuda tapi masih harus tetep wajib (biar lengkap hahha ) melengkapi semua tetek bengek kaya pas mau daftar wisuda ya??
    ato cuma revisi aja udah gitu ??..Masalahnya semua itu yang bikin males:P ..hahhahaha

    Semoga konsultasi yang kedua ini gratis 😛

    Terimakasih

  12. 12 The Petarung January 18, 2011 at 5:18 pm

    membantu sekali…saya lagi kebut februari 2011, moga2 dapet :mrgreen:

  13. 13 Ernycool April 5, 2011 at 6:21 pm

    wakakkakakakakkk..
    jiaaaaahhh.. ni yg nulis elu bow…
    susah2 gw searching d google yg muncul ini.. wakakakakakkk.. hebat hebat hebat.. sip sip sip.. cukup bikin ngekek dan membanu.. thx yah bow.. 😉

  14. 14 Ernycool April 5, 2011 at 6:22 pm

    eh ralat *membantu maksudnya

  15. 15 Pak Rebo April 18, 2011 at 9:06 am

    Mas mau tanya, kalau misal saya selesai pendadaran akhir bulan april sedangkan jadwal wisuda adalah 19 mei, brarti kan saya gak bisa yudisium untuk lulus bulan mei kan? dan mau gak mau harus ikut wisuda periode agustus. yang saya tanyakan apakah saya bisa meminta ijazah saya dulu atau semacam surat tanda kelulusan terlebih dahulu? jadi selama saya menunggu wisuda pada bulan agustus saya bisa menggunakan surat itu untuk melamar pekerjaan.

    trimakasih

  16. 16 TiCtAc April 11, 2014 at 10:31 am

    joss juragan tulisan lu
    😀

  17. 17 Dorie December 10, 2018 at 3:00 pm

    This is the right webpage for anybody who would like
    to understand this topic. You realize so much its almost tough to argue with you
    (not that I personally will need to…HaHa). You definitely put
    a new spin on a topic that’s been discussed for a long
    time. Great stuff, just wonderful!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




Masukkan email Anda, dan dijamin Anda bakal mendapatkan notifikasi apabila ada tulisan terbaru.

Join 14 other followers

Yang Pernah Dipoto

Advertisements

%d bloggers like this: